One Day Workshop for Charity Network Community Universitas Bumigora

Pada hari Jumat-Senin, 1,2 dan 4 Pebruari 2019, Network Community (NETCOM) Universitas Bumigora mengadakan One Day Workshop for Charity dengan topik “Membangun Server Virtualisasi dengan Proxmox Virtual Environment (PVE) 5.3“. Workshop ini bertujuan untuk menggalang dana yang akan didonasikan untuk saudara-saudara kita yang tertimpa bencana Tsunami di Banten dan Lampung. Sebanyak 44 (empat puluh empat) peserta mengikuti acara workshop yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tersebut. Lokasi pelaksanaan workshop di ruang laboratorium Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Bumigora Mataram. Puji syukur, penulis dapat turut berkontribusi sebagai pembuat modul sekaligus pemateri sehingga dapat berbagi pengetahuan pada workshop ini.

Materi yang dibahas pada workshop ini adalah sebagai berikut:

  1. Pengenalan PVE.
  2. Kebutuhan Hardware untuk PVE.
  3. Instalasi dan manajemen software update pada PVE.
  4. Manajemen PVE berbasis web (GUI).
  5. Model Network pada PVE.
  6. Model Storage meliputi local dan shared storage.
  7. Otentikasi dan Manajemen User pada PVE.
  8. Manajemen Virtual Machine menggunakan KVM.
  9. Manajemen Linux Container (LXC).
  10. Backup dan restore serta scheduling.

Berikut adalah beberapa dokumentasi selama kegiatan workshop berlangsung:

Melalui kegiatan workshop ini, NETCOM Universitas Bumigora telah mendonasikan dana workshop sebesar Rp. 2.200.663 kepada korban Tsunami Banten dan Lampung melalui KitaBisa.com. Sebagai bentuk tanggungjawab dari kelompok studi NETCOM kepada peserta, bukti donasi dapat dilihat atau diunduh pada alamat berikut: https://goo.gl/pi9FL4. Semoga dana tersebut dapat bermanfaat dalam membantu korban Tsunami. Terimakasih banyak atas kepedulian dari rekan-rekan peserta workshop.

Bagi rekan-rekan yang tidak dapat mengikuti acara workshop tersebut dan berkeinginan untuk mengeksplorasi materi yang disampaikan maka dapat menggunakan modul workshop berikut:

File modul workshop dalam format PDF dapat diunduh melalui SlideShare dan Google Drive. Semoga bermanfaat. Apabila terdapat pertanyaan, jangan segan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email di alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.