Membuat Bootable USB dari Proxmox VE 6.3 dengan Rufus

Rufus merupakan utilitas yang dapat digunakan untuk membuat media instalasi USB dari bootable ISO termasuk Proxmox Virtual Environment (PVE). Awali dengan mengunduh PVE versi 6.3 dari situs resmi Proxmox yaitu https://www.proxmox.com dan mengakses menu Downloads > Proxmox Virtual Environment > ISO Images Files atau menggunakan tautan berikut https://proxmox.com/en/downloads/category/iso-images-pve. Pada halaman ISO Images Archive yang tampil, klik tombol Download di bagian Proxmox VE 6.3 ISO Installer.

Selanjutnya unduh aplikasi Rufus dari situs https://rufus.ie/. Pada homepage dari Rufus, navigasi ke bagian Download dan klik pada tautan Rufus 3.13 (1.1 MB).

Rufus telah berhasil diunduh.


Tancapkan flashdisk ke port USB dari komputer yang digunakan dan eksekusi file rufus-3.13.exe.

Tampil kotak dialog Rufus update policy.

Klik tombol No agar Rufus tidak mengecek pembaharuan terkait aplikasi secara online.

Tampil aplikasi Rufus. Pastikan flashdisk yang terpasang pada komputer telah terseleksi pada parameter Device dan klik tombol SELECT untuk mengarahkan ke lokasi penyimpanan file proxmox-ve_6.3-1.iso yang telah diunduh sebelumnya.

Pastikan parameter Boot selection memperlihatkan proxmox-ve_6.3-1.iso. Klik tombol START.

Tampil kotak dialog Download required yang menginformasikan bahwa image proxmox-ve_6.3-1.iso menggunakan Grub 2.02+dfsg1-18-pve1. Namun aplikasi Rufus hanya memiliki file instalasi untuk Grub 2.04. Klik tombol Yes untuk terkoneksi ke Internet dan mengunduh file tersebut.

Pilih Write in DD Image mode sebagai mode yang akan digunakan pada kotak dialog ISOHybrid image detected yang tampil dan klik tombol OK.

Status dari aplikasi Rufus memperlihatkan pesan Checking for conflicting processes yang menginformasikan terjadi pengecekan terkait konflik pada proses.

Tampil kotak dialog yang memberitahukan peringatan bahwa seluruh data pada flashdisk akan dihapus. Pastikan data penting pada flashdisk telah dipindahkan ke lokasi penyimpanan lainnya sebelum melanjutkan proses ini. Klik tombol OK.

Pada bagian Status memperlihatkan persentase proses penyalinan file dari ISO PVE 6.3 ke flashdisk.

Tunggu hingga pada bagian Status memperlihatkan pesan READY dengan warna latar belakang hijau yang menyatakan bahwa proses penyalinan file telah selesai dilakukan.

Klik tombol CLOSE untuk menutup aplikasi Rufus.

Selamat, rekan-rekan telah berhasil membuat bootable USB dan selanjutnya dapat menggunakan flashdisk tersebut sebagai media instalasi PVE 6.3 di komputer. Semoga bermanfaat. Apabila terdapat pertanyaan, silakan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email di admin[at]iputuhariyadi.net. Terimakasih.

0

One thought on “Membuat Bootable USB dari Proxmox VE 6.3 dengan Rufus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.