Modul Free Online Training Membangun Sistem Lab From Home (LFH)

Pada hari Rabu dan Kamis, 10-11 Juni 2020 dilaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Bumigora Berbagi 2020 berupa Free Online Training “Membangun Sistem Lab From Home (LFH)” bagi para guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Komputer Jaringan dan dosen pengampu matakuliah Administrasi Sistem Jaringan (ASJ). PKM ini merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen di setiap tahunnya.

Kegiatan ini diikuti oleh para guru SMK TKJ yang terdapat di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meliputi SMKN 1 Kota Bima, SMKN 1 Dompu, SMKN 3 Mataram, SMKN 6 Mataram, SMKN 9 Mataram, SMKN 1 Labuapi, SMKN 2 Gerung, SMKN 1 Gangga, dan SMKN 1 Sikur. Terdapat juga guru dari SMKN 1 Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai peserta. Selain diikuti oleh para guru SMK, kegiatan ini juga diikuti oleh dosen dari Universitas Teknologi Sumbawa dan Universitas Pendidikan Mandalika serta Universitas Bumigora.

Modul ini membahas praktek membangun sistem LFH menggunakan Proxmox Virtual Environment (PVE) yang diintegrasikan dengan Virtual Private Network (VPN) Point-to-Point Tunnelling Protocol (PPTP) pada MikroTik Cloud Hosted Router (CHR). Dengan sistem LFH ini maka setiap pengguna yaitu siswa/mahasiswa dan guru/dosen akan memiliki satu akun untuk otentikasi di PVE dan VPN serta memperoleh Linux Container (LXC) sebagai media praktikum ASJ. Sebelum dapat mengakses sistem LFH, pengguna wajib telah terhubung ke Internet baik dari rumah atau dari lokasi manapun. Selanjutnya pengguna menggunakan akun VPN yang telah didistribusikan tersebut untuk dapat terkoneksi ke VPN Server. Apabila berhasil terkoneksi ke VPN Server maka pengguna dapat mengakses server LFH berbasis PVE untuk melaksanakan praktikum sesuai dengan konten yang terdapat pada diktat praktikum ASJ.

Bagi rekan-rekan guru atau dosen ASJ yang berhalangan mengikuti kegiatan ini secara langsung, dapat memanfaatkan modul training berikut sehingga dapat mengujicoba secara mandiri.

Selain itu bagi rekan-rekan lainnya yang tertarik untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait sistem LFH juga dapat menggunakan modul ini sebagai salah satu referensi.

Modul ini juga dapat diunduh pada Slideshare dan Google Drive. Apabila terdapat pertanyaan, silakan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email di admin[at]iputuhariyadi.net. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0

One thought on “Modul Free Online Training Membangun Sistem Lab From Home (LFH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.