Instalasi dan Konfigurasi Mikrotik CHR pada Proxmox VE 5.1

Melanjutkan 2 (dua) tutorial tentang Proxmox VE 5.1 sebelumnya yaitu “Instalasi dan Konfigurasi Proxmox VE 5.1 pada VMware Workstation 14” dan “Menonaktifkan Pesan Notifikasi No Valid Subscription pada Proxmox VE 5.1”, maka kali ini akan dibahas “Instalasi dan Konfigurasi Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) pada Proxmox VE 5.1”. Menurut wiki Mikrotik, Cloud Hosted Router (CHR) merupakan versi RouterOS yang ditujukan untuk dijalankan sebagai virtual machine. CHR mendukung arsitektur x86 64-bit dan dapat digunakan pada berbagai hypervisor termasuk Proxmox. CHR memiliki fitur lengkap dari RouterOS yang telah diaktifkan secara default namun memiliki beberapa model lisensi berbeda dari versi RouterOS lainnya.

Kebutuhan sistem minimum untuk menjalankan CHR adalah CPU 64 bit dengan dukungan virtualisasi, memori 128 MB atau lebih untuk instance CHR, hardisk 128 MB untuk virtual drive CHR, ukuran sistem disk image yang didukung adalah 16 GB.

Pembahasan pada tutorial ini terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu (a) Instalasi Mikrotik CHR pada Proxmox VE 5.1 dan (b) Verifikasi dan konfigurasi Mikrotik CHR pada Web Interface Proxmox. Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan Server Proxmox telah dapat terkoneksi ke Internet karena proses instalasi membutuhkan paket unzip yang akan diunduh dari Internet. Selain itu image dari Mikrotik CHR yang diinstalasi akan diunduh pula secara langsung dari situs Mikrotik.

Detail rancangan jaringan ujicoba dan langkah-langkah instalasi serta konfigurasi dari Mikrotik CHR pada Proxmox VE 5.1 adalah sebagai berikut:

File tutorial ini juga dapat diunduh melalui situs Slideshare dan Google Drive. Apabila terdapat pertanyaan, jangan segan untuk mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email pada alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *