Cisco Wireless LAN Controller (WLC)

Cisco Wireless Local Area Network (LAN) Controller (WLC) merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk mengelola Access Point (AP) dari jaringan nirkabel sehingga memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke jaringan. Tertarik mengetahui Cisco WLC lebih dalam? Mau tahu cara mengkonfigurasi Cisco WLC secara mandiri? Modul Cisco WLC yang  penulis buat dan gunakan pada acara berbagi pengetahuan Monthly Online Knowledge Sharing (MOKS) Kelompok Studi Network Community (NETCOM), Universitas Bumigora berikut dapat menjadi solusi dari ketertarikan rekan-rekan.

 

Materi yang dibahas pada modul tersebut meliputi:

  1. Pengenalan Cisco Wireless Local Area Network (LAN) Controller (WLC).
  2. Studi kasus desain dan implementasi Cisco WLC yang disimulasikan menggunakan Cisco Packet Tracer.

Fitur-fitur yang diterapkan pada studi kasus tersebut meliputi manajemen Cisco Light Weight Access Point (LWAP) menggunakan Cisco WLC, Virtual Local Area Network (VLAN), InterVLAN Routing, Server Dynamic Host Cconfiguration Protocol (DHCP), Wireless Local Area Network (WLAN) Open Access, pengamanan WLAN dengan WPA2-PSK (Pre-Shared Key) dan WPA2 Enterprises (802.1x) menggunakan Radius Authentication, serta AP Groups. AP Groups digunakan untuk mengelompokkan Access Point secara logical di dalam area geografis seperti Gedung, lantai atau kantor cabang yang berbagi WLAN, Radio Frequency (RF), Hotspot 2.0 dan lokasi konfigurasi.

Rekan-rekan disarankan untuk mempraktikkan langsung materi pada modul tersebut menggunakan Cisco Packet Tracer. File modul juga dapat diunduh melalui Slideshare dan Google Drive. Sedangkan file Blank Template Cisco Packet Tracer yang belum dikonfigurasi sesuai dengan topologi yang dicontohkan pada modul tersebut dapat diunduh di alamat https://bit.ly/moks-netcom-pkt. File tersebut dapat dibuka menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer versi 8.1.1. Silakan mengeksplorasi materi yang dibahas pada modul tersebut. Apabila rekan-rekan mengalami kendala, jangan segan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email di admin[at]iputuhariyadi.net. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0

4 thoughts on “Cisco Wireless LAN Controller (WLC)

  1. Kak izin bertanya, kalo misalkan waktu konekin wireless ke perangkat lwap nya ada tulisan “dhcp failed APIPA is being used” Itu ada masalah dimana nya ya?

    1. Coba dicek kembali apakah konfigurasi server DHCP di Multilayer Switch sudah ok. Biasanya pesan tersebut muncul karena gagal memperoleh pengalamatan IP dari DHCP Server.

  2. kak mau nanya buat saat pc administrator masuk ke web wlc dan saat apply dia lama savenya muter2 kenapa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.