Modul One Day Workshop Proxmox Automation With Ansible

Pada hari Sabtu dan Minggu, 2-3 Nopember 2019, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Network Community (NETCOM) Universitas Bumigora mengadakan One Day Workshop dengan topik “Proxmox Automation With Ansible“. Workshop ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat di Lombok yang tertarik untuk mempelajari tentang otomasi manajemen container dan user serta permission pada Proxmox Virtual Environment (PVE) menggunakan Ansible. Terimakasih pada UKM NETCOM yang telah memberikan kesempatan bagi penulis sebagai pemateri pada kegiatan workshop yang berlangsung di Laboratorium Jaringan Komputer, Universitas Bumigora, Mataram.

Acara workshop berlangsung 2 (dua) gelombang. Gelombang 1 berlangsung pada hari sabtu, 2 Nopember 2019 yang diikuti oleh 25 (dua puluh lima) orang peserta dari berbagai instansi diantaranya Dinas Kominfo Provinsi NTB dan SMKN 2 Gerung serta mahasiswa Universitas Bumigora. Peserta sangat antusias dalam mengikuti materi workshop yang dimulai dari jam 13:00 sampai dengan 21:30. Sedangkan gelombang 2 berlangsung pada hari minggu, 3 Nopember 2019 dari jam 08.30-15.30 yang diikuti oleh 20 (dua puluh) peserta dari berbagai instansi diantaranya Dinas Kesehatan Kota Mataram dan mahasiswa Universitas Mataram serta Universitas Bumigora.


Bagi rekan-rekan yang tidak dapat mengikuti acara workshop tersebut dan berkeinginan untuk mengeksplorasi materi yang disampaikan maka dapat menggunakan modul workshop berikut:

File modul workshop dalam format PDF dapat diunduh melalui SlideShare dan Google Drive. Sedangkan file Ansible Playbook yang dibahas pada modul tersebut dapat diunduh melalui Github. Semoga bermanfaat. Apabila terdapat pertanyaan, jangan segan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email di alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.