Tips Menemukan Topik Skripsi

Beberapa hari terakhir ini, terdapat beberapa rekan-rekan mahasiswa Universitas Bumigora (UBG) khususnya angkatan 2016 jenjang Strata 1 (S1) program studi (prodi) Ilmu Komputer (Ilkom) semester 7 yang menanyakan terkait topik skripsi. Hal ini sebagai dampak dari rekan-rekan mahasiswa tersebut memprogramkan Skripsi pada Kartu Rencana Studi (KRS) di semester ganjil ini.
Berdasarkan pengalaman pribadi yang selama ini penulis jalani maka langkah-langkah untuk menemukan topik skripsi adalah sebagai berikut:
  1. Awali dengan bertanya ke diri sendiri terkait apa minat yang rekan-rekan ingin dalami? Sebagai contoh untuk kompetensi jaringan komputer dapat berupa bidang network security, network automation, cloud computing, wireless network, dan sebagainya.
  2. Temukan dan unduh artikel ilmiah 5 tahun terakhir yang diteliti oleh peneliti lain terkait bidang minat yang rekan-rekan telah pilih di point 1 melalui https://scholar.google.com.
  3. Baca dan pahami konten artikel ilmiah yang diunduh pada point 2 terutama di bagian abstrak, kesimpulan dan saran.
  4. Kelompokkan artikel ilmiah yg berkaitan berdasarkan hasil point 3.
  5. Klasifikasi metode atau algoritma yang digunakan dari point 4 sehingga dapat diketahui perkembangannya, tingkat keakurasiannya, kelebihan dan kekurangan metode tersebut.
  6. Fokus membaca saran-saran pengembangan dari penelitian pada point 5 maka akan terbesit ide topik skripsi baru.
  7. Googling referensi sebagai landasan teori dan tool-tool implementasi terkait topik skripsi tersebut.
  8. Ujicoba mengeksplorasi tool-tool yang mungkin dapat digunakan sebagai sarana implementasi dari topik skripsi yang dipilih sehingga diketahui kelebihan dan kekurangannya. Jangan membatasi diri dengan langsung memilih harus menggunakan tool tertentu. Tool hanya sarana implementasi. Eksplorasi dengan mulai mencari tutorial praktis implementasi terkait tool tersebut yang biasanya di dalamnya memuat studi kasus dengan skenario tertentu. Termasuk langkah-langkah menginstalasi, mengkonfigurasi dan mengujicoba sehingga memperkuat pemahaman dan memunculkan keyakinan topik skripsi yang dipilih apakah dapat diselesaikan dengan tool tersebut. Point ini sebenarnya secara tidak langsung membuat rekan-rekan belajar menyelesaikan beberapa bagian dari konten bab 3 dan 4 pada laporan skripsi. Apabila rekan-rekan yakin maka silakan melanjutkan ke point 9. Jika tidak yakin maka silakan mencari tool lain yang cocok atau mengembangkan sendiri. Jika masih tidak yakin maka sebaiknya rekan-rekan balik ke point 1.
  9. Mulai buat draft proposal skripsi sesuai ide topik yang telah didapat di point 6. Tidak perlu menunggu jadwal pembekalan skripsi. Lebih cepat lebih baik. TAKE ACTION NOW. Draft proposal skripsi sesungguhnya mencakup konten pada bab 1 meliputi latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian dan metodologi penelitian.
  10. Draft proposal skripsi selesai dibuat. Selanjutnya rekan-rekan tinggal mengikuti jadwal pembekalan skripsi dan mengumpulkan proposal skripsi tersebut serta maju seminar proposal. Pada seminar proposal penguji sebenarnya ingin memastikan apakah topik sktipsi yang telah rekan-rekan pilih dapat diselesaikan dan memperkirakan apakah terlalu kompleks atau sederhana. Jika terlalu kompleks penguji akan memberikan saran pengurangan, begitu pula sebaliknya.
  11. Proposal skripsi disetujui penguji bisa dengan atau tanpa revisi. Jika ada revisi maka batas waktu perbaikan 3 hari dan dikumpulkan ke program studi.
  12. Perjuangan penyelesaian skripsi dimulai. Semangat. Semoga selesai dalam satu semester.

Penyelesaian skripsi bukan masalah kepintaran namun lebih pada masalah niat, tekad dan ketekunan dalam proses menyelesaikannya. Perjalanan penyelesaiannya bakal berliku-liku sehingga mental rekan-rekan akan diuji dan ditempa disana. Mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa akan memperlancar dan menguatkan mental rekan-rekan selama pengerjaan skripsi. Semoga sukses.

Apabila terdapat pertanyaan, silakan disampaikan dengan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email di alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.