Building Domain Controller Using Windows Server 2008

Domain Controller (DC) merupakan server yang menjalankan sistem operasi Windows Server dan terinstalasi layanan Active Directory yang digunakan untuk memanajemen sumber daya jaringan dan mengotentikasi pengguna secara terpusat. Rekan-rekan yang berminat mencoba membangun DC menggunakan Windows Server 2008 dapat menggunakan ebook “Building Domain Controller Using Windows Server 2008” yang saya buat sebagai referensi pendukung pembelajaran.

Kenapa masih menggunakan Windows Server 2008? Kebetulan ketika ebook ini dibuat, saya hanya memiliki laptop dengan processor Intel arsitektur 32 bit sehingga mau tidak mau harus mencoba membangun Active Directory menggunakan Windows Server 2008 yang masih menyediakan versi 32 bit. Sebagai informasi, Windows Server 2008 tersedia dalam 2 versi yaitu 32 bit dan 64 bit.

Ebook ini membahas topik-topik berikut:

  1. Pengenalan dan Instalasi Windows Server 2008
  2. Internet Protocol (IP) verion 4
  3. Active Directory
  4. Manajemen User dan Group
  5. File & Printer Sharing
  6. Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)
  7. Replikasi Active Directory

File ebook dalam format PDF dapat diunduh pada alamat berikut: http://www.slideshare.net/putuhariyadi/building-domain-controller-using-windows-server-2008.

Saat ini saya telah menggunakan laptop dengan processor Intel arsitektur 64 bit sehingga semoga di waktu mendatang dapat mencoba mengekplorasi (ngoprek) dan mendokumentasikan proses belajar Active Directory menggunakan Windows Server 2012R2 terbaru versi 64 bit. Koleksi ebook lainnya dapat diakses melalui menu navigasi “Ebook“. Semoga bermanfaat.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.