Tips Lulus Ujian Cisco Certified Network Associate (CCNA)

Berdasarkan pengalaman ketika mengambil ujian CCNA berikut adalah beberapa tips yang dapat rekan-rekan ikuti untuk mempersiapkan diri sehingga bisa lulus:

  1. Mereview kembali materi sesuai topik pada blueprint yang dapat diakses di alamat berikut untuk versi 200-301 https://learningnetwork.cisco.com/s/ccna-exam-topics menggunakan buku referensi yang dimiliki. Kalo dulu saya pake buku CCNA karangannya Todd Lammle dan karangan Wendell Odom serta modul resmi training CCNA dari Global Knowledge yang diperoleh saat mengikuti pelatihan di Cisco Learning Partner. Modul dari Cisco Networking Academy juga bisa digunakan. Saran saya agar menggunakan lebih dari satu referensi karena setiap referensi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai contoh CCNA Todd Lammle lebih mudah dipahami bahasanya namun tidak detail penjelasannya. Sebaliknya buku dari Wendell Odom detail sekali penjelasannya dan cukup tebal juga sehingga lumayan membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Namun pengetahuan yang didapat akan lebih dalam. Saran saya mereview beberapa kali materi dari referensi tersebut. Dulu saya ulang-ulang mereview materinya sebanyak 3x.
  2. Latihan Practice Exam bisa dari buku referensi dan sumber lainnya untuk memperdalam pemahaman. Saya dulu pake dari miliknya Boson Practice Test.
  3. Jenis soal ujiannya ada multiple choice (satu dan beberapa jawaban), drag-and-drop, Simulation, SimLet, TestLet. Gambaran antarmuka dan penggunaannya bisa di akses di alamat berikut: http://blog.boson.com/bid/55766/7-question-types-on-cisco-certification-exams
  4. Pastikan untuk soal multiple choice dengan beberapa jawaban (ditandai dengan checkbox) telah terpilih jawaban sesuai jumlah yang diminta. Biasanya dibelakang pertanyaan ada keterangan jumlah pilihan yang diminta, sebagai contoh “choose two” untuk pilih dua. Review kembali jawaban yang telah dipilih baru klik tombol Next untuk lanjut ke soal berikutnya. Untuk pertanyaan dengan jawaban terkait perintah konfigurasi atau verifikasi, perhatikan prompt CLI dan perintahnya. Karena di Cisco IOS, prompt tertentu memiliki perintah tertentu. Perintah tertentu hanya dapat dieksekusi di prompt tertentu.
  5. Periksa pelan-pelan apakah sudah tepat pilihan jawabannya untuk soal drag and drop yang terkadang memiliki ketentuan urutan step 1, step 2 dan seterusnya. Atau jika tidak ada urutannya biasanya diminta drag terminologi tertentu ke definisi yang sesuai atau ke kategori yang sesuai. Terkadang juga drag-and-drop ke diagram jaringan yang diberikan pada soal.
  6. Perbanyak latihan praktek terutama menjawab soal Simulation karena ini riil mengkonfigurasi Cisco IOS seperti di Cisco Packet Tracer. Pastikan setelah melakukan konfigurasi untuk mengecek kembali apakah solusi yang dieksekusi sebelumnya sudah tepat. Dulu saya latihan praktek untuk dapat menjawab soal simulasi ini dengan notepad dan diketik sendiri baik prompt CLI maupun perintahnya secara berulang-ulang. Tujuannya agar bisa mengingat perintah dan mengetikkannya dengan cepat.
  7. Berhati-hati mengerjakan soal simlet yang didalamnya memuat skenario dan testlet (kelompok soal dengan 3 sampai 6 pertanyaan). Pada soal simlet ini intinya kita diminta menjawab soal dengan terlebih dahulu berinteraksi dengan perangkat jaringan berdasarkan topologi yang diberikan. Eksekusi perintah tertentu untuk dapat menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Pastikan setiap pertanyaan sudah dijawab.
  8. Jika sudah di tekan tombol Next untuk berpindah ke soal berikutnya maka kita tidak bisa kembali ke soal sebelumnya. Jadi yang berlalu berlalulah, jangan memikirkan jawaban untuk soal sebelumnya yg bisa jadi terpikir kurang tepat pilihan yang telah kita pilih.
  9. Mohon dapat mengatur waktu dengan baik sehingga seluruh soal dapat terjawab.
  10. Passing score minimal untuk lulus adalah 825 dari 1000.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses dengan ujian CCNA-nya. Terimakasih

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.