Instalasi Mikrotik CHR pada VPS IDCloudHost

Cloud Hosted Router (CHR) merupakan versi sistem operasi RouterOS dari MikroTik untuk dijalankan pada Virtual Machine (VM). Mendukung arsitektur x86 64-bit dan dapat digunakan pada berbagai hypervisor seperti VMWare, Microsoft Hyper-V, VirtualBox, Kernel-based Virtual Machine (KVM), Proxmox Virtual Environment (PVE) dan lainnya. Penulis tertarik mengujicoba Mikrotik CHR yang dijalankan pada Virtual Private Server (VPS). Kebetulan penulis memiliki VPS yang telah lama disewa di IDCloudHost dan berjalan pada hypervisor KVM. VPS tersebut menggunakan sistem operasi CentOS 7.

Adapun langkah-langkah menginstalasi Mikrotik CHR pada VPS IDCloudHost adalah sebagai berikut:

  1. Remote access via SSH ke alamat IP dari VPS yang telah disewa menggunakan aplikasi Putty atau BitVise SSH Client.
  2. Menginstalasi paket wget yang nantinya digunakan untuk mengunduh file images Mikrotik CHR dari situs Mikrotik dengan mengeksekusi perintah:
    # yum -y install wget
  3. Mengunduh file images Mikrotik CHR menggunakan utilitas wget, sebagai contoh versi yang diunduh adalah 6.46.4.
    # wget https://download.mikrotik.com/routeros/6.46.4/chr-6.46.4.img.zip -O chr.img.zip
    Hasil dari eksekusi perintah wget dan verifikasinya menggunakan perintah ls, terlihat seperti pada gambar berikut:

    Terlihat file images Mikrotik CHR telah berhasil diunduh dan disimpan menggunakan nama chr.img.zip.
  4. Mengekstrak file chr.img.zip menggunakan perintah unzip chr.img.zip dan memverifikasi hasilnya menggunakan perintah ls, seperti terlihat pada gambar berikut:

    File telah berhasil diekstrak dan terlihat telah terdapat file images Mikrotik CHR dengan nama chr-6.46.4.img.
  5. Melakukan mount file chr-6.46.4.img ke direktori /mnt menggunakan perintah:
    # mount -o loop,offset=512 chr-6.46.4.img /mnt
  6. Memverifikasi hasil mount file images tersebut dengan mengeksekusi perintah:
    # ls /mnt
    Hasilnya terlihat seperti pada gambar berikut:
  7. Membuat perintah Command Line Interface (CLI) untuk mengatur pengalamatan IP pada interface ether1 dan default route serta server DNS dari Mikrotik CHR dengan menggunakan perintah echo dan menyimpan hasilnya di file autorun.scr pada direktori /mnt/rw. Perintah CLI tersebut, terlihat seperti berikut:
    # ADDRESS=`ip addr show ens3 | grep global | cut -d' ' -f 6 | head -n 1` && \
    GATEWAY=`ip route list | grep default | cut -d' ' -f 3` && \
    echo "/ip address add address=$ADDRESS interface=[/interface ethernet find where name=ether1]
    /ip route add gateway=$GATEWAY
    /ip dns set servers=8.8.8.8,8.8.4.4" > /mnt/rw/autorun.scr

    Nilai pengalamatan IP pada interface ether1 dan default route dari Mikrotik CHR diambil dari alamat IP dan default gateway yang digunakan oleh VPS CentOS 7. Alamat IP tersebut diperoleh dengan mengeksekusi perintah ip addr show ens3 | grep global | cut -d' ' -f 6 | head -n 1dan menyimpan hasilnya pada variable ADDRESS.
    Sedangkan alamat default gateway diperoleh dengan mengeksekusi perintah ip route list | grep default | cut -d' ' -f 3 dan menyimpan hasilnya pada variable GATEWAY. Nilai yang ditampung pada variable ADDRESSdijadikan inputan untuk perintah /ip address add address=$ADDRESS interface=[/interface ethernet find where name=ether1]. Begitu pula nilai dari variable GATEWAYjuga dijadikan inputan untuk perintah /ip route add gateway=$GATEWAY.
    Selain itu juga mengatur alamat server DNS dari Mikrotik CHR menggunakan Google DNS yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 menggunakan perintah /ip dns set servers=8.8.8.8,8.8.4.4.
    Hasil eksekusi dari perintah tersebut pada terminal, diperlihatkan pada gambar berikut:

    Sedangkan hasil verifikasi terhadap pengaturan tersebut dapat dilakukan dengan mengeksekusi perintah cat /mnt/rw/autorun.scr, seperti terlihat pada gambar berikut:
  8. Melepas akses (unmount) semua partisi yang saat ini sedang terakses (mount) dengan mengeksekusi perintah:
    # echo u > /proc/sysrq-trigger
  9. Membuat salinan seluruh isi dari file images chr-6.46.4.img ke /dev/vda menggunakan utilitas dd (disk dump).
    # dd if=chr-6.46.4.img bs=1024 of=/dev/vda
    Parameter bs digunakan untuk mengatur jumlah byte yang akan disalin pada satu waktu dimana dalam hal ini adalah 1024 byte. Hasil eksekusi dari perintah tersebut, seperti terlihat pada gambar berikut:
  10. Melakukan reboot VPS melalui Client Area dari IDCloudHost yang dapat diakses pada alamat https://my.idcloudhost.com/clientarea.php, seperti terlihat pada gambar berikut:

    Silakan login ke Client Area menggunakan akun yang telah dimiliki. Apabila proses otentikasi login telah berhasil dilakukan maka akan tampil halaman My Dashboard, seperti terlihat pada gambar berikut:
    Pada bagian header, pilih menu Services > My Services untuk mengakses layanan VPS yang telah disewa, seperti terlihat pada gambar berikut:
    Tampil halaman My Products & Services. Pilih layanan VPS yang telah diinstalasi dengan Mikrotik CHR, seperti terlihat pada gambar berikut:

    Tampil halaman Managing dan klik Reboot pada bagian Actions, seperti terlihat pada gambar berikut:

    Apabila proses reboot berhasil dieksekusi maka akan tampil pesan “Action Completed Successfully“, seperti terlihat pada gambar berikut:

    Tunggu beberapa saat, VPS masih melakukan reboot.
  11. Akses Mikrotik CHR pada VPS menggunakan Winbox. Pada parameter Connect to: dari kotak dialog aplikasi Winbox yang tampil, masukkan alamat IP Publik dari VPS yang saat ini telah digunakan oleh Mikrotik CHR. Sedangkan pada parameter Login:, masukkan “admin” dan Password: dikosongkan (tanpa sandi), seperti terlihat pada gambar berikut:

    Klik tombol Connect untuk terkoneksi ke Mikrotik CHR pada VPS. Apabila koneksi berhasil dilakukan pada akan terlihat kotak dialog berikut:

    Disarankan segera mengatur password login dari useradmin” untuk meningkatkan keamanan dari MikroTik CHR. Setelah itu rekan-rekan dapat melakukan konfigurasi pada fitur-fitur dari Mikrotik CHR sesuai dengan kebutuhan.

Selamat, rekan-rekan telah berhasil menginstalasi Mikrotik CHR pada VPS yang disewa di IDCloudHost. Apabila terdapat pertanyaan, silakan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email pada alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.