Membangun High Availability (HA) Virtualization Server Berbasis Proxmox VE 5.3

Pada hari Sabtu, 30 Maret 2019, Asosiasi Profesional Information Technology (Profit) Lombok mengadakan One Day Workshop dengan topik “Membangun High Availability (HA) Virtualization Server Berbasis Proxmox VE 5.3“. Workshop ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat di Lombok yang tertarik untuk mempelajari teknologi virtualisasi yang mendukung HA sehingga dapat meminimalkan downtime dari layanan pada server. Terimakasih pada Profit Lombok yang telah memberikan kesempatan bagi penulis sebagai pemateri pada kegiatan workshop yang berlangsung di Idoop Hotel, Mataram, Lombok.

Acara workshop diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta dari berbagai instansi/perusahaan diantaranya Bank NTB Syariah, Dinas Kominfo Provinsi NTB dan kabupaten Lombok Utara, PT. Angkasa Pura, Manager dan staf Teknologi Informasi (TI) dari berbagai hotel dan rumah sakit yang tersebar di Lombok, mahasiswa Universitas Bumigora dan Universitas Mataram. Peserta sangat antusias dalam mengikuti materi workshop yang dimulai dari jam 08:00 sampai dengan 17:00.

Adapun materi yang dibahas pada workshop tersebut antara lain:

  1. Instalasi dan Konfigurasi PVE 5.3 pada VMWare Workstation 14.
  2. Menonaktifkan Pesan Notifikasi No Valid Subscription pada PVE 5.3.
  3. Menonaktifkan PVE Enterprise Subscription pada PVE 5.3.
  4. Clone Virtual Machine PVE 5.3.
  5. Konfigurasi Clone Virtual Machine PVE 5.3.
  6. Konfigurasi Cluster pada PVE 5.3.
  7. Instalasi dan Konfigurasi Server NFS pada Debian 9.8.
  8. Manajemen Storage pada PVE 5.3.
  9. Instalasi dan Konfigurasi Mikrotik CHR pada PVE 5.3.
  10. Instalasi dan Konfigurasi LXC CentOS 7 pada PVE 5.3.
  11. Manajemen User pada PVE 5.3
  12. Backup dan Restore serta Scheduling pada PVE 5.3.
  13. Manajemen Firewall pada PVE 5.3.
  14. Live Migration pada PVE 5.3.

Setelah mengikuti workshop ini maka diharapkan peserta akan memiliki kemampuan dalam menginstalasi dan mengkonfigurasi serta memanajemen cluster server virtualisasi berbasis PVE agar mendukung High Availability. Selain itu mampu memanajemen firewall untuk mengamankan layanan pada PVE.

Bagi rekan-rekan yang tidak dapat mengikuti acara workshop tersebut dan berkeinginan untuk mengeksplorasi materi yang disampaikan maka dapat menggunakan modul workshop berikut:

File modul workshop dalam format PDF dapat diunduh melalui SlideShare dan Google Drive. Semoga bermanfaat. Apabila terdapat pertanyaan, jangan segan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email di alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.