Soal Modul Lomba IT Network System Administration LKS SMK Provinsi NTB 2018

Pada hari Rabu dan Kamis, 28-29 November 2018 berlangsung Lomba Kompetisi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2018 untuk mata lomba IT Network System Administration. Lokasi lomba di ruang laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dari SMKN 1 Narmada, Lombok Barat. Lomba diikuti oleh 9 (sembilan) peserta yang berasal dari sembilan kabupaten dan kota di provinsi NTB. Pelaksanaan LKS SMK tingkat provinsi ini adalah yang kedua kalinya di tahun ini. Hal ini dilakukan sebagai persiapan lebih awal guna menyongsong LKS SMK Tingkat Nasional 2019 di Yogyakarta. Selain itu agar menyediakan waktu yang cukup untuk melaksanakan pembekalan bagi siswa sebelum berlomba di tingkat nasional tersebut.

Selain sebagai juri, pada LKS ini penulis juga dipercaya untuk membuat soal oleh panitia atau pengampu dari lomba ini. Terdapat 3 (tiga) modul yang dilombakan yaitu A) Linux Environment, B) Windows Environment dan C) Cisco Packet Tracer Challenge. Adapun konten soal dari ketiga modul lomba tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Modul A: Linux Environment
    Peserta diminta melakukan konfigurasi server (LNXSVR), router (LNXRTR) dan client (LNXCLNT & VPNCLNT) menggunakan Linux Debian 8.7 yang telah diinstalasi sebagai Virtual Machine (VM) pada VMWare Workstation. Server LNXSVR berfungsi sebagai Web Server, Mail, FTP with SSL Security (FTPS), Domain Name System (DNS), Certificate Authority (CA), Cacti untuk monitoring, Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) Server dan Network Time Protocol (NTP) Server. LNXCLNT berfungsi sebagai client dengan alokasi pengalamatan IP secara dinamis (DHCP Client). LNXRTR berfungsi sebagai router untuk menjembatani komunikasi LNXSVR dan LNXCLNT agar dapat mengakses Internet melalui alamat IP Publik milik router yang dibagi pakai. Selain itu pada router LNXRTR juga difungsikan sebagai VPN Server untuk menjembatani akses dari VPNCLT yang telah terhubung ke Internet dan ingin mengakses layanan pada LNXSVR. Pada router LNXRTR juga dikonfigurasi layanan SSH Server dan NTP Client.
    Berikut adalah konten soal dari modul Linux Environment:

    File soal dalam format PDF dapat diunduh melalui Slideshare atau Google Drive.
  2. Modul B: Windows Environment
    Peserta diminta melakukan konfigurasi server (WINSRV) dan router (WINRTR) menggunakan Windows Server 2016. Sedangkan client (WINCLNT & VPNCLNT) menggunakan Windows 10. Windows Server 2016 dan Windows 10 telah diinstalasi sebagai Virtual Machine (VM) pada VMWare Workstation. Server WINSRV berfungsi sebagai DNS Server, Active Directory, DHCP Server, Web Server menggunakan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan File Server. WINCLNT berfungsi sebagai client dengan alokasi pengalamatan IP secara dinamis (DHCP Client) dan join ke domain dari Active Directory. WINRTR berfungsi sebagai router untuk menjembatani komunikasi WINSRV dan WINCLNT agar dapat mengakses Internet melalui alamat IP Publik milik router yang dibagi pakai serta join ke domain dari Active Directory. Selain itu pada router WINRTR juga difungsikan sebagai VPN Server untuk menjembatani akses dari VPNCLT yang telah terhubung ke Internet dan ingin mengakses layanan pada WINSRV. Pada router WINRTR juga dikonfigurasi Network Policy Server.
    Berikut adalah konten soal dari modul Windows Environment:

    File soal dalam format PDF dapat diunduh melalui Slideshare atau Google Drive.
  3. Modul C: Cisco Packet Tracer Challenge
    Modul ini menggunakan Cisco Packet Tracer Activity sehingga penilaian terhadap hasil konfigurasi dari peserta akan dilakukan secara otomatis oleh program. Peserta diminta melakukan konfigurasi perangkat jaringan dengan topologi jaringan, seperti terlihat pada gambar berikut:

    Kompetensi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal ini antara lain:

    • IPv4 subnetting & configuration
    • Routing static & Routing Dynamic Configuration
    • Switch Configuration
    • Wireless Configuration
    • WAN Connection
    • ASA Firewall Configuration
    • VPN Configuration
    • Network Security
    • IP Telephony

    File Packet Tracer Activities (*.pka) dapat diunduh melalui Google Drive dan dapat dibuka menggunakan Cisco Packet Tracer versi 7.1.1.

Pemenang pada lomba ini adalah:

  • Juara 1 atas nama “Jait Ramadandi Jeke” dari SMKN 1 Dompu sebagai perwakilan dari Kabupaten Dompu.
  • Juara 2 atas nama “M. Daden Kasandi” dari SMKN 3 Mataram sebagai perwakilan dari Kota Mataram.
  • Juara 3 atas nama “Hanosi Wazri” dari SMKN 1 Narmada sebagai perwakilan dari Kabupaten Lombok Barat.

Semoga soal-soal ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui dan tertarik untuk mengeksplorasi solusi penyelesaiannya. Apabila terdapat pertanyaan, jangan segan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email pada alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Terimakasih.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *