Konfigurasi Hostname secara permanen pada CentOS 7

Melanjutkan tutorial sebelumnya tentang Instalasi Linux CentOS 7 pada VMWare Workstation 14 maka kali ini akan dibahas bagaimana cara mengubah hostname secara permanen. Sebelum dilakukan perubahan maka dapat diverifikasi terlebih dahulu hostname atau nama komputer yang saat ini digunakan yaitu dengan mengeksekusi perintah “hostname” pada terminal.

Terlihat saat ini hostname yang digunakan adalah “mataram.stmikbumigora.local“.

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi hostname dari CentOS 7 secara permanen, salah satunya adalah dengan menggunakan perintah “hostnamectl“. Sebagai contoh untuk mengubah hostname menjadi “ns1.iputuhariyadi.net” maka perintah yang digunakan adalah sebagai berikut:

Option set-hostname digunakan pada perintah “hostnamectl” untuk mengatur nama komputer menggunakan format penulisan Fully Qualified Domain Name (FQDN) yaitu berupa namakomputer.namadomain, sebagai contoh “ns1.iputuhariyadi.net“. Dalam hal ini ns1 merupakan nama komputer, sedangkan iputuhariyadi.net adalah nama domain.

Hasil konfigurasi hostname tersebut dapat diverifikasi menggunakan perintah “hostname” atau “hostnamectl“.
Hasil dari eksekusi perintah hostname, memperlihatkan bahwa nama komputer telah berubah menjadi “ns1.iputuhariyadi.net“. Output yang sama juga ditunjukkan oleh nilai dari Static hostname sebagai hasil dari verifikasi hostname menggunakan perintah hostnamectl.

Untuk membuktikan bahwa perubahan hostname bersifat permanen maka dapat dilakukan dengan melakukan logout dan login kembali ke CentOS 7. Dapat juga dengan melakukan boot ulang CentOS 7 dengan menggunakan perintah “reboot“. Tunggu hingga proses reboot selesai dilakukan dan login kembali ke CentOS 7. Selanjutnya verifikasi dengan mengeksekusi perintah “hostname” atau “hostnamectl” pada terminal.

Apabila terdapat pertanyaaan, silakan mengomentari posting ini atau melalui email pada alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *