Pelatihan Interkoneksi Jaringan OPD PEMKOT Mataram menggunakan VPN

Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram merupakan salah satu pemerintahan daerah yang terdapat di propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk mendukung kegiatan operasional maka Pemkot Mataram telah memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terdapat pada Pemkot Mataram juga telah terkoneksi ke Internet untuk menjembatani kebutuhan penyebaran dan akses informasi serta korespondensi. Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dari Pemkot Mataram berinisiatif untuk mengoptimalkan pemanfaatan koneksi Internet di setiap OPD. Salah satunya dengan menerapkan Virtual Private Network (VPN) yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal dari setiap OPD yang terdapat di Pemkot Mataram. Dengan adanya VPN tersebut diharapkan aktivitas berbagi pakai sumber daya antar OPD dapat dengan mudah dan cepat dilakukan.

Untuk mendukung penerapan VPN pada OPD se-kota Mataram maka pada hari Senin dan Selasa, 23-24 Juli 2018, dilaksanakan pelatihan Interkoneksi Jaringan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (PEMKOT) Mataram menggunakan VPN berbasis Secure Socket Tunneling Protocol (SSTP). Puji syukur, penulis memperoleh kepercayaan sebagai pemateri pada pelatihan tersebut. Pelatihan ini diinisiasi oleh Diskominfo dan diikuti oleh 25 staf TIK dari OPD se-kota Mataram. Materi yang dibahas pada pelatihan ini meliputi konfigurasi dasar Mikrotik untuk berbagi pakai koneksi Internet, Site-to-Site dan Remote Access VPN berbasis SSTP serta routing protokol Open Shortest Path First (OSPF).

Bagi rekan-rekan yang tertarik untuk mengetahui bagaimana cara mengkonfigurasi Site-to-Site dan Remote Access VPN berbasis SSTP dapat mengikuti modul materi pelatihan berikut:

Penulis sangat menyarankan rekan-rekan untuk mengujicoba secara langsung materi pada modul pelatihan ini menggunakan Mikrotik CHR yang diinstalasi pada VMWare Workstation atau GNS3. File modul pelatihan dapat diunduh melalui Slideshare dan Google Drive. Apabila terdapat pertanyaan, jangan segan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email ke alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *