Pembahasan Solusi Soal UKK SMK TKJ Paket 4 Tahun 2018

Bagi siswa/siswi dan rekan-rekan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang memerlukan pembahasan solusi soal Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) Paket 4 Tahun 2018, dapat menggunakan tutorial berikut:

File pembahasan dalam format PDF dapat juga diunduh melalui situs Slideshare atau Google Drive. Apabila ada pertanyaan terkait pembahasan ini, jangan segan untuk menghubungi saya melalui email di admin[at]iputuhariyadi.net atau mengomentari posting ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Please follow and like us:
0

6 thoughts on “Pembahasan Solusi Soal UKK SMK TKJ Paket 4 Tahun 2018

  1. assalamualaikum..
    kak boleh tanya kalau kekerungan dan kelebihan dari ukk paket 4 ini apa yahh??

    1. Mohon dapat didetailkan pertanyaannya terkait kelebihan dan kekurangannya yang ingin diketahui? Apakah maksudnya jika dibandingkan dengan UKK paket lainnya? Jika iya, masing-masing paket untuk kurikulum 2006 memiliki topik yang berbeda-beda antara UKK paket 1, 2, 3 dan 4 sehingga masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Apabila Anda memiliki kemampuan untuk menyelesaikan solusi dari keseluruhan paket tersebut maka akan memiliki nilai plus yang tentunya akan bermanfaat nantinya di dunia kerja. Jadi saran saya dieksplorasi semuanya.

  2. kak, saya dapetnya paket 4 kurikulum 2013 tapi soalnya tentang membuat jaringan WAN, dan saya kebagian yang pake router cisco. materinya mengenai VLAN, OSPF, eBGP, Tunneling, NAT. kira kira kakak tau yang mengenai sharing internet lewat Cisco Router 3640 pake NAT gak kak? kalo pake mikrotik kan otomatis tinggal nge adv dns sama gatewaynya, tapi kalo lewat cisco gimana kak?

    1. Konfigurasi NAT di Cisco Router dapat menggunakan referensi ebook berikut: https://iputuhariyadi.net/2016/02/08/configuring-nat-dhcp-service-using-cisco-router/. Terdapat 3 jenis NAT yaitu Static NAT, Dynamic NAT dan NAT Overload atau dikenal juga dengan nama Port Address Translation (PAT). Silakan membaca lebih detail pada ebook dan menyesuaikan konfigurasi dengan jenis NAT yang ditentukan. Jika yang digunakan adalah NAT Overload maka langkah-langkah konfigurasinya adalah sebagai berikut:
      1. Membuat Access Control List (ACL) bagi client atau alamat network di LAN yang diijinkan untuk mengakses Internet.
      2. Mengatur NAT Overload.
      3. Menandai interface di router yang menghubungkan ke LAN (IP NAT Inside).
      4. Menandai interface di router yang menghubungkan ke Internet (IP NAT Outside).
      Contoh konfigurasinya ada di halaman 29-30. Semoga membantu. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *