Network Automation with Ansible

Menurut situs Ansible, Ansible merupakan mesin otomatisasi Teknologi Informasi (TI) sederhana yang dapat mengotomatisasi cloud provisioning, manajemen konfigurasi, penerapan aplikasi, intra-service orchestration dan kebutuhan TI lainnya. Ansible dapat digunakan untuk melakukan hal-hal berikut:

  1. Provisioning
    Ansible memastikan paket-paket yang dibutuhkan akan diunduh dan diinstalasi sehingga aplikasi dapat diterapkan.
  2. Configuration management
    Menetapkan dan mempertahankan konsistensi dari kinerja produk dengan mencatat dan memperbaharui informasi lengkap yang menjelaskan perangkat keras dan lunak perusahaan. Seperti versi dan pembaharuan yang telah diterapkan pada paket perangkat lunak yang terinstal dan lokasi serta alamat jaringan dari perangkat keras.
  3. Application deployment
    Ansible
    dapat memanajemen secara efektif keseluruhan life cycle dari aplikasi, mulai dari pengembangan sampai produksi.
  4. Penerapan kebijakan keamanan (security)
    Kebijakan keamanan dapat didefinisikan pada Ansible sehingga proses pemindaian dan pemulihan kebijakan ke lokasi dapat diintegrasikan ke dalam proses secara otomatis.
  5. Orchestration
    Ansible
    menyediakan orchestration dalam arti menyelaraskan permintaan bisnis dengan aplikasi, data, dan infrastruktur. Ini mendefinisikan kebijakan dan tingkat layanan melalui alur kerja otomatis, penyediaan, dan manajemen perubahan sehingga menciptakan aplikasi selaras dengan infrastruktur yang dapat ditingkatkan dari atas ke bawah berdasarkan kebutuhan setiap aplikasi.

Pada hari sabtu, 6 Januari 2018 jam 13:30-16:30, diadakan acara Monthly Knowledge Sharing (MKS)  kedua dengan topik “Network Automation with Ansible” bagi kelompok studi Network Community (NETCOM) yang bertempat di ruang laboratorium Desain Komunikasi Visual (DKV) STMIK Bumigora Mataram. MKS merupakan program berbagi pengetahuan yang diadakan setiap bulan oleh NETCOM, dengan topik terkait teknologi jaringan komputer terkini. Program ini dimulai dari bulan lalu (MKS pertama) yaitu 9 Desember 2017, dimana saat itu topik yang dibahas adalah “Virtualization with Proxmox VE“. Kebetulan saya pribadi sebagai pemateri pada dua pertemuan MKS NETCOM tersebut. Berikut adalah dokumentasi selama kegiatan MKS kedua berlangsung:

Bagi rekan-rekan yang tidak sempat mengikuti acara MKS atau tertarik untuk mengeksplorasi automasi jaringan menggunakan Ansible, dapat menggunakan materi berikut:

File materi dalam format PDF dapat diunduh melalui situs Slideshare atau Google Drive. Apabila terdapat pertanyaan, jangan segan untuk mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email di alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *