Instalasi dan Konfigurasi Linux Container CentOS 7 pada Proxmox VE 5.1

Pada tutorial ini akan dibahas penerapan teknologi virtualisasi yang didukung oleh Proxmox VE yaitu Linux Container (LXC) menggunakan CentOS 7, sebagai pelengkap dari contoh penerapan Kernel-based Virtual Machine (KVM) menggunakan Mikrotik CHR di tutorial sebelumnya. Menurut situs Proxmox, LXC merupakan lingkungan virtualisasi level sistem operasi untuk menjalankan beberapa sistem Linux terisolasi pada sebuah kontrol host Linux. LXC menjadi alternatif dari full machine virtualization yang menawarkan low overhead. Container akan menggunakan sistem operasi dari host daripada mengemulasikan sistem operasi secara lengkap sehingga berdampak pada keseluruhan container menggunakan kernel yang sama dan dapat mengakses sumber daya secara langsung dari host. Pengguna Linux dapat membuat dan memanajemen container sistem atau aplikasi menggunakan Application Programming Interface (API).

Pembahasan pada tutorial ini terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu (a) Rancangan Jaringan Ujicoba, (b) Instalasi dan Konfigurasi LXC CentOS 7 pada Proxmox VE. Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan Server Proxmox telah dapat terkoneksi ke Internet karena paket OpenSSH yang diperlukan untuk menyediakan layanan SSH Server pada container CentOS 7 akan diambil langsung dari repository CentOS di Internet.

Berikut adalah langkah-langkah detail dari instalasi dan konfigurasi LXC CentOS 7 pada Proxmox VE 5.1:

File tutorial dapat diunduh melalui situs Slideshare atau Google Drive. Apabila terdapat pertanyaan, jangan segan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email pada alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *