Cloud Computing

Definisi Cloud Computing

Menurut National Institute of Standards and Technology (NIST), Cloud computing merupakan suatu model yang memungkinkan akses jaringan dari mana pun berdasarkan permintaan terhadap shared pool sumber daya komputasi yang dapat dikonfigurasi sebagai contoh jaringan, server, penyimpanan, aplikasi dan layanan dan dapat dengan cepat ditetapkan serta dilepas melalui usaha manajemen atau interaksi dengan penyedia layanan yang minimal. Terdapat 5 (lima) karakteristik dasar dari cloud computing antara lain:

  1. On-demand self-service.
  2. Broad network access.
  3. Resource pooling.
  4. Rapid elasticity.
  5. Measured service.

Model Layanan Cloud Computing

NIST membagi model layanan cloud computing menjadi 3 (tiga) jenis yaitu:

  1. Software as a Service (SaaS)
    Kemampuan yang diberikan kepada pengguna untuk menggunakan aplikasi yang berjalan pada infrastruktur cloud dan tanpa melakukan pengaturan atau pengontrolan pada infrastruktur dasar dari cloud meliputi jaringan, server, sistem operasi, penyimpanan, dengan kemungkinan pengecualian pengaturan konfigurasi pada aplikasi pengguna tertentu secara terbatas.
  2. Platform as a Service (PaaS)
    Kemampuan yang diberikan kepada pengguna untuk mengembangkan aplikasi yang berjalan pada infrastruktur cloud atau aplikasi yang diperoleh dibuat menggunakan bahasa pemrograman, library, layanan dan tools yang didukung oleh penyedia layanan serta tanpa melakukan pengaturan atau pengontrolan pada infrastruktur dasar dari cloud tetapi memiliki kontrol terhadap pengembangan aplikasi.
  3. Infrastructure as a Service (IaaS)
    Kemampuan yang disediakan bagi pengguna untuk mengembangkan pemrosesan, penyimpanan, jaringan dan sumber daya komputasi dasar lainnya sehingga pengguna mampu mengembangkan dan menjalankan program dengan leluasa termasuk sistem operasi dan aplikasi. Pengguna tidak perlu melakukan pengaturan atau pengontrolan pada infrastruktur dasar dari cloud tetapi memiliki kontrol terhadap sistem operasi, penyimpanan dan aplikasi yang dikembangkan.

Model Pengembangan Cloud Computing
Menurut NIST, terdapat  4 (empat) model pengembangan cloud computing antara lain:

  1. Private Cloud
    Infrastruktur cloud yang ditetapkan untuk digunakan secara ekslusif oleh satu organisasi yang terdiri dari beberapa konsumen seperti unit bisnis dan dimiliki, dimanajemen, dioperasikan oleh organisasi, pihak ketiga, atau gabungannya serta dapat bertempat di dalam atau diluar lokasi pengguna.
  2. Community Cloud
    Infrastruktur cloud yang ditetapkan untuk digunakan oleh komunitas pengguna tertentu dari organisasi-organisasi dengan urusan yang sama dan dimiliki, dimanajemen, dioperasikan oleh organisasi pada komunitas, pihak ketiga, atau gabungannya serta dapat bertempat di dalam atau diluar lokasi pengguna.
  3. Public Cloud
    Infrastruktur cloud yang ditetapkan untuk digunakan secara terbuka oleh publik atau masyarakat umum dan dimiliki, dimanajemen, dioperasikan oleh perusahaan, akademik, atau organisasi pemerintah atau kombinasinya serta bertempat di penyedia layanan cloud.
  4. Hybrid Cloud
    Gabungan dua atau lebih infrastruktur cloud berupa private, community, atau public yang tetap merupakan entitas unik namun dikaitkan bersama oleh standar atau teknologi tertutup (proprietary) sehingga memungkinkan portabilitas data dan aplikasi.

Referensi:

NIST Cloud Computing Standards Roadmap

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *