Modul Workshop Aplikasi Berbasis Jaringan

Pada hari kamis, 8 Juni 2017 yang lalu telah diselenggarakan workshop “Aplikasi Berbasis Jaringan” oleh kelompok studi “Network Community (NETCOM)” di ruang laboratorium Desain Komunikasi Visual (DKV) STMIK Bumigora Mataram. Kebetulan saya sebagai pemateri pada acara workshop tersebut. Workshop ini membahas tentang membangun “Aplikasi Berbasis Jaringan” menggunakan PHP Framework CodeIgniter yang diintegrasikan dengan Mikrotik PHP API dan Bootstrap dengan studi kasus manajemen user hotspot di MikroTik RouterOS.

Rekan-rekan yang tidak dapat mengikuti workshop dan tertarik ingin mempelajari tentang materi yang disampaikan pada workshop tersebut maka dapat menggunakan modul workshop ini.

Modul ini dapat diunduh melalui situs Slideshare dan Google Drive. Sedangkan kode program yang digunakan pada workshop dapat diunduh melalui situs Github pada alamat berikut: https://github.com/iputuhariyadi. Terdapat 2 (dua) contoh kode program yang disediakan yaitu “codeigniter-mikrotik-api” dan “aplikasi-berbasis-jaringan“. Perbedaan antara kedua contoh kode program tersebut adalah pada penggunaan form login dan session yang mengakomodasi koneksi ke Mikrotik secara dinamis pada “codeigniter-mikrotik-api“. Sangat disarankan untuk mengujicoba langsung menggunakan Mikrotik Routerboard atau RouterOS yang diinstalasi pada Virtual Machine.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi ketika acara workshop berlangsung.

Apabila terdapat pertanyaan terkait modul workshop atau kendala ketika mencoba kode programnya, jangan segan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email di alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *