Konfigurasi VPN Berbasis PPTP dan Proxy-ARP Menggunakan Mikrotik di GNS3

Mau bangun Virtual Private Network (VPN) berbasis Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP) di MikroTik tapi bingung cara konfigurasinya? Ingin tahu apa itu Proxy-ARP dan cara konfigurasinya di MikroTik? Tutorial ini dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Sangat disarankan mengujicoba langsung konten pada tutorial ini menggunakan GNS3 dan Virtualisasi untuk Client LAN serta VPN Client menggunakan Sistem Operasi Windows XP yang diinstalasi pada Virtual Machine di VMWare Workstation atau VirtualBox. File PDF dapat diunduh pada situs Slideshare atau melalui Google Drive.
Apabila ada pertanyaan, jangan segan mengomentari posting ini atau mengirimkan melalui email ke alamat admin[at]iputuhariyadi.net. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Please follow and like us:
0

4 thoughts on “Konfigurasi VPN Berbasis PPTP dan Proxy-ARP Menggunakan Mikrotik di GNS3

  1. Terimakasih om sangat mencerahkan,,
    saya sudah coba praktekan hampir berhasil masalahnya saat saya ping dari MJ-XP-1 ke MJ-XP-2 (kondisi VPN Connected) kenapa RTO ya om??

    1. ping dari MJ-XP-1 ke 192.168.0.253 juga RTO
      padahal kalau ke 203.0.113.5 udah reply
      dan dari MK-XP-2 ke MJ-XP-1 juga udah reply

      1. Mohon dipastikan Windows Firewall pada Client LAN MJ-XP-1 telah dinonaktifkan. Mohon maaf jika responnya lama, kebetulan aktivitas kerja lagi padat-padatnya. Semoga membantu. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *