Pembahasan Solusi Soal UKK SMK TKJ Paket 2 Tahun 2017

Soal Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Komputer Jaringan (TKJ) untuk paket 2 tahun 2017 ini sama dengan soal UKK tahun 2016 yaitu tentang merancang bangun dan mengkonfigurasi sebuah Wifi Router Mikrotik sebagai Gateway Internet, Web Proxy, DHCP Server dan Firewall.

File pembahasan dalam format PDF dapat juga diunduh melalui alamat berikut: Download. Apabila ada pertanyaan terkait pembahasan ini, jangan segan untuk menghubungi saya melalui email di admin[at]iputuhariyadi.net atau mengomentari posting ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Please follow and like us:
0

6 thoughts on “Pembahasan Solusi Soal UKK SMK TKJ Paket 2 Tahun 2017

    1. Terdapat beberapa tahapan yang harus diverifikasi terlebih dahulu agar masalah tsb dapat terselesaikan. Pertama, ping ke alamat IP dari gateway dalam hal ini ISP harus berhasil untuk memastikan koneksi Internet tidak bermasalah. Kedua, pastikan pengaturan DNS Client telah dilakukan pada Mikrotik. Apabila interface mikrotik yang mengarah ke Internet memperoleh IP secara dinamis dari ISP atau sebagai DHCP Client maka DNS Client telah diatur secara otomatis. Ketiga, coba lakukan ping kembali ke google dari mikrotik. Apabila belum berhasil coba menggunakan alamat IP sebagai contoh ping 8.8.8.8 atau ping 8.8.4.4. Jika ini berhasil berarti ada masalah di konfigurasi DNS-nya. Semoga membantu. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *