Network Community (NETCOM) Beginner Level Skill Pretest

Network Community (NETCOM) merupakan salah satu Kelompok Studi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di STMIK Bumigora Mataram yang menaungi rekan-rekan mahasiswa/i dengan ketertarikan studi di bidang Jaringan Komputer. Mulai semester ganjil tahun akademik 2016/2017 ini, saya sebagai pembina kelompok studi ini bersama dengan rekan-rekan mahasiswa pengurus NETCOM menyepakati penerapan sistem pembelajaran berbasis level yaitu beginner, intermediate dan advanced. Level Beginner membahas materi Network Fundamental. Level Intermediate dibagi menjadi 2 konsentrasi yaitu system administration dan network administration. Sedangkan level advanced dibagi menjadi 2 konsentrasi yaitu security dan network programmability.

Sebagai bentuk evaluasi proses pembelajaran di setiap levelnya maka dilaksanakan dua (2) jenis test yaitu pretest (sebelum proses pembelajaran dimulai) dan post test (setelah proses pembelajaran selesai) baik untuk teori maupun praktikum (skill). Hasil berupa nilai yang diperoleh oleh rekan-rekan anggota dari pretest dan post test pada setiap levelnya akan digunakan sebagai mekanisme untuk melihat keberhasilan dalam mengikuti proses pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu digunakan pula feedback form yang akan diisi oleh setiap anggota pada pertemuan terakhir dari setiap level untuk memperoleh masukan berupa kritik dan saran terkait materi dan metode pembelajaran yang telah digunakan. Rangkuman hasil nilai test dan feedback akan digunakan sebagai referensi bagi pembina dan pengurus NETCOM untuk mengembangkan metode lain yang lebih beragam guna meningkatkan kualitas materi pembelajaran dan teknik penyampaian sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik di masa mendatang.

Pada tanggal 20-22 Oktober 2016 telah dilakukan Beginner Level Pretest untuk teori yang diikuti oleh lebih dari 120-an anggota melalui group pembelajaran NETCOM di situs edmodo.comPretest teori secara terjadwal telah dilakukan pada hari Kamis, 20 Oktober 2016 dan Sabtu, 22 Oktober 2016 bertempat di ruang laboratorium Jaringan Komputer 1.

beginner-level-pretest-1 beginner-level-pretest-2

Pretest teori ini pula dapat dilakukan secara mandiri oleh anggota NETCOM dari manapun asalkan terhubung ke Internet. Adapun topik yang diujikan pada Beginner Level Pretest teori adalah sebagai berikut:

  1. Network Fundamentals
    • Model OSI dan TCP/IP.
    • Model Jaringan.
    • Peralatan Jaringan.
    • Pengalamatan IP, Subnetting dan VLSM
  2. Teknologi LAN Switching
    • Topologi Jaringan LAN
    • Konsep Switching
    • Ethernet
  3. Teknologi Routing
    • Konsep Routing
    • Konfigurasi Default Route dan Static Route menggunakan Cisco IOS
  4. Teknologi WAN
    • Topologi Jaringan WAN
    • Point to Point Protokol
    • Network Address Translation (NAT)

Durasi waktu tes teori adalah 1 jam (60 menit) dengan jumlah soal sebanyak 25 dalam bentuk multiple choice dan passing grade 80 dari 101. Dari pretest teori yang telah dilakukan terdapat beberapa anggota yang memperoleh high scores.

beginner-level-pretest-results

Sedangkan Beginner Level Skill Pretest untuk praktikum dilaksanakan mulai tanggal 4-12 November 2016. Adapun topik yang diujikan pada Skill Pretest ini adalah sebagai berikut:

  1. Perhitungan VLSM berdasarkan kebutuhan host per subnet.
  2. Konfigurasi pengalamatan IP berdasarkan hasil perhitungan VLSM pada perangkat Cisco Router, Switch dan PC.
  3. Konfigurasi Static Routing pada Router.
  4. Konfigurasi WAN pada interface serial Cisco Router.
  5. Verifikasi koneksi antar PC di beda subnet.

Durasi waktu tes praktikum adalah 90 menit dengan passing grade 80 dari 100. Skill pretest menggunakan Cisco Packet Tracer Activitites.

skill-pretest

Bagi rekan-rekan di luar anggota NETCOM yang tertarik untuk mencoba menyelesaikan skill pretest ini, dapat mengunduh file Cisco Packet Tracer Activities (PKA)-nya pada alamat berikut: Download. Skill Pretest dibuat menggunakan Cisco Packet Tracer Activities (PKA) yang hanya dapat dibuka menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer versi 6.2. Aplikasi Cisco Packet Tracer version 6.2 Student Edition dapat diunduh pada alamat berikut: Download.

Saya akan mempublikasikan solusi penyelesaiannya secara langkah per langkah 2 minggu lagi. Silakan rekan-rekan terlebih dahulu mencoba menyelesaikan secara mandiri. Apabila terdapat pertanyaan, silakan mengomentari posting ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *